Saturday, July 11, 2020

Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah [JADWAL]

Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah

Halo teman-teman, para siswa, khususnya siswa SMA Negeri 1 Tarakan. Kali ini admin Romansa memposting Jadwal Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk Siswa Baru Angkatan 2020. 

Diterima di sekolah bergengsi seperti SMA Negeri 1 Tarakan merupakan sebuah kebanggaan. Namun rasa bangga itu harus juga dibarengi dengan semangat dan kesungguhan yang luar biasa untuk meraih prestasi yang gemilang dan membawa almamater sekolah ke puncak kesuksesan. Kesuksesan Anda adalah juga kebanggan orang tua, guru, masyarakat, dan negara yang kita cintai ini.

Kegiatan PLS merupakan kegiatan untuk memperkenalkan lingkungan sekolah dan semua yang ada di dalamnya; bagian-bagian sudut bangun ruang sekolah secara fisik, guru-guru pengajar, staf tata usaha, cleaning service, satpam sekolah, dan lain-lain. Diadakan secara online bukan berarti mengurangi esensi kebermaknaan rangkaian kegiatan. Karena negara kita berada dalam kondisi pandemi, maka semua kegiatan pendidikan, termasuk masuk sekolah dan kegiatan belajar mengajar secara fisik tidak bisa dilakukan. 

Teman-teman, kita berada dalam kondisi 'perang'. Perang melawan wabah, musuh yang tidak kelihatan kasat mata, dan kita harus menang dalam kejayaan. Kejayaan yang dimaksud adalah kejayaan tanpa kehilangan makna dalam segala hasil aktivitas, khususnya hasil dan proses kita dalam menempuh pendidikan secara online. Semua harus saling mendukung, kita semua, orang tua kita, harus mendukung dalam proses belajar jarak jauh ini. Belajar dari rumah bukan berarti setelah absen lalu ditinggal ke pasar, disuruh ngurus adik, nyuci piring kotor bekas makan malam, atau apa pun. Jika waktunya belajar, wajib masuk kelas online yang diasuh oleh guru kita. Dan, lagi-lagi orang tua harus paham kondisi ini. Mintalah pengertian orang tua bahwa kalian sedang berada di kelas, fokus mengikuti pelajaran online, dan bersikaplah bahwa kalian seakan-akan sedang berada di sekolah secara fisik.

Kondisi hari ini, bulan ini, tahun ini akan menentukan masa depan bangsa ini. Jangan menganggap wabah ini sebentar lagi berakhir lalu kita bersantai-santai tidak serius mendukung dan melakukan protokol kesehatan, keluyuran ke sana kemari, tidak serius mengikuti kelas online. Kemudian berharap "ah, paling seminggu lagi kita sudah masuk sekolah. Di sekolah saja saya baru serius mengikuti pelajaran". Sekali lagi teman-teman, jangan anggap remeh wabah ini. Jangan kalah dengan kondisi ini. Pernahkah kita  berpikir yang terburuk bahwa bisa saja kita bersekolah dari tahun pertama sampai lulus all times belajar di rumah tanpa bersapa dengan meja-kursi sekolah? Pernahkah kita berpikir akan terus belajar di rumah tanpa pernah mengenal bu'le kantin? Pernahkah kita berpikir wabah ini akan menghalangi kita mengenal Bapak/Ibu guru yang hanya kita dengar suaranya saja? 

Teman-teman, berpikir yang terburuk bukan berarti negative thinking, apalagi pesimis. Berpikir yang terburuk justru melatih kita untuk siap dalam kondisi terburuk pun dan kita sudah menjalani yang terbaik bahkan lebih baik dari kondisi normal di era new normal.

Teman-teman, yuk kita kobarkan api semangat jiwa muda kita untuk melawan rasa malas pada kondisi yang merayu kita untuk malas. Mari kita kubur dalam-dalam keinginan bersantai-santai menunggu wabah berlalu lalu kita terlena banyak di atas kasur, tidur, melek, tidur, melek lagi, menatap langit-langit kamar yang kosong tanpa masa depan, lalu tidur lagi tanpa sadar kita tak bisa melek lagi. Mari kita nikmati proses pendidikan kita di keadaan seperti ini. 

Ah, admin kebanyakan ngarang, namun hanya sedikit ingin membangunkan jiwa-jiwa muda kita semua agar ayo sadar, kita tidak bisa menyerah dalam kondisi wabah seperti ini. Masa depan kita begitu cerah. Jangan biarkan ia menunggu terlalu lama. Jemputlah, ambil masa depan cerah kita di sana untuk kita, keluarga, agama, dan bangsa ini! 

SELAMAT MENGIKUTI KEGIATAN PLS INI DENGAN SEBAIK-BAIKNYA!

Berikut jadwal kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dan silakan share ke teman-teman.


Demikian informasi tentang Jadwal PLS. Semoga postingan ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar di bawah. Tetap semangat dan jaga kesehatan.


Romansa, mengudara sepanjang masa.

logoblog
Previous
« Prev Post

1 comment: